Kamis, 21 Juli 2011

KiMcHi ^^

hai semua... pearemoticon 

udah pada tau kan kalo makanan khas dari Negara gingseng "KOREA".....  yupz bener banget " KIMCHI "
kali ini aku mau cerita soal kimchi dan manfaatnya..

Kimchi adalah makanan khas dari negara asalnya gingseng yaitu Korea. it loh.. negara yang terkenal dengan Boybandnya yang pada cakep''. hahhaha   tapi nggak cuma boybandnya aja yang terkenal tapi, style dan mode baju di sana loh.. udah jadi trend di indonesia, dan juga kebiasaan dan lingkungan di sana yang menarik perhatian!! wihhh.. pokoknya impian banget deh.. 

owh, hampir lupa nih. kita kan mau ngebahas soal Kimchi " Makanan Khas Korea " 



Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari bawang putih, bawang merah, daun bawang, cumi-cumi / tiram / udang krill, atau pun makanan laut lainnya, jahe, garam, gula, kecap ikan, dan tentunya bubuk cabai merah.
Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. tidak dua sayuran itu saja, ada juga Jenis sayur yang dapat dijadikan Kimchi, sesuai selera sang pembuatnya. Namun, sayur yang paling dikenal di luar korea sebagai bahan dasar Kimchi adalah sawi putih dan lobak. 
Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti "sayuran yang direndam."
Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Kimchi difermentasikan dalam temperatur yang rendah. Proses pembuatannya alami sehingga tercipta sayuran segar yang baik untuk tubuh. Strain bakteri asam laktat yang menghasilkan bakteriosin dari kimchi diberi nama Lactobacillus kimchi
Bakteri ini menghasilkan asam laktat yang lebih tinggi dari yoghurt. Asam laktat berfungsi untuk memperkaya rasa dan membasmi bakteri-bakteri serta virus yang berbahaya. Singkatnya, Kimchi mengandung zat anti bakteri. Kandungan asam laktat yang tinggi tersebut juga baik untuk pencernaan.
Kimchi berkalori rendah, berserat tinggi, dan mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B1 (Thiamin), vitamin B2 (riboflavin), kalsium, dan zat besi.

Selain itu manfaat kimchi adalah :::
1. Meningkatkan kekebalan
2. Mencegah kanker
3. Melancarkan metabolime tubuh
4. Mencegah penyakit oleh virus seperti radang usus dan penyakit lambung.
5. Kandungan selulosanya mengobati sembelit
6. Kandungan cabainya mencegah stroke, penyumbatan pembuluh darah, dan gangguan jantung koroner.

Kimchi menjadi makanan terkenal dan digemari di seluruh penjuru dunia , dan merupakan aset budaya yang sangat berharga bagi Korea, karena manfaat yang sangat banyak dari KIMCHI

Tidak ada komentar:

Domo - Help Select